Admin Maxvel
/14 May 2019

Jaga Mental Health, Kunci Agar Wajahmu Tampak Awet Muda

Admin Maxvel

Sibuk dengan setumpuk to do list di kantor, urusan rumah yang terus berdatangan, sampai soal sosialisasi dengan teman-teman, terkadang membuat kamu merasa waktu 24 jam sehari tidaklah cukup. Apakah kamu suka merasa seperti itu?

Ditambah lagi, saat kamu membuka feed media sosial, berderet posting-an dari temanmu yang memperlihatkan mereka tengah liburan atau kongkow di coffee shop kekinian. Tentu, tak jarang hal tersebut membuat kamu semakin melow dan tidak menutup kemungkinan kalau kamu mengunggah posting-an di Instastory dengan tulisan “stress to the max” atau "need vacation".

Dilihat sekilas, ungkapan "stres" di media sosial hanyalah sebuah ekspresi diri. Tapi jika ditilik lebih jauh, ternyata American Psychological Association (APA) menemukan bila sekitar 12 persen generasi milenial memiliki kecenderungan gangguan kecemasan tinggi, sementara kurang lebih 30 persen lainnya mengalami kegelisahan yang tak normal.

Penyebab gangguan kesehatan mental ini sendiri terkait erat dengan gaya hidup kamu. Mulai dari aktivitas tinggi, "persaingan ketat" di media sosial, hingga pola makan, dan istirahat yang tak teratur.

Stres atau gangguan mental ini tentu tidak hanya mengganggu psikis, tapi juga tubuh kita. Dengan kemunculan stres, tubuh jadi mudah sakit dan lekas menua. Kamu tentu tidak mau kan kalau wajahmu jadi tampak lebih tua? Nah, untuk itu kita harus selalu memperhatikan kondisi mental health kita nih agar selalu tampak awet muda, begini caranya:

1. Mengatur asupan
Kita adalah apa yang kita makan. Kamu tentu pernah mendengar istilah itu, bukan? Ya, jenis asupan yang masuk ke tubuh memang akan mempengaruhi kondisi kesehatan kita.

Itu sebabnya, sangat dianjurkan agar kamu tetap menjaga pola makan dan asupan harian. Meski sajian cepat saji terasa menggiurkan dan gurih disantap, lebih baik kamu mengonsumsi makanan sehat, yang tak hanya enak tapi juga baik untuk tubuh.

Jangan lupa untuk selalu minum KIN Bulgarian Yogurt yang terbuat dari bakteri baik Lactobacillus bulgaricus, asli dari Bulgaria. Bulgarian Yogurt yang dikonsumsi secara rutin dipercaya menjadi rahasia awet muda masyarakat Bulgaria dan sudah menjadi makanan pokok mereka untuk hidup lebih sehat.

2. Gadget day-off
Mengikuti arus game online kekinian atau sibuk berseluncur di dunia maya dan mengomentari posting-an teman-teman, bisa menjadi cara kamu mengisi waktu luang. Untuk beberapa saat, kegiatan itu memang seru. Tapi coba deh kamu ambil libur beberapa jam, kalau bisa sehari penuh, dari gadget dan bersosialisasi dengan teman atau keluarga secara langsung di dunia nyata.

Tanpa dibatasi layar di depan muka, kamu bisa bertukar cerita secara langsung, bahkan tertawa atau mencurahkan perasaan seutuhnya. Dengan rutin meluangkan waktu untuk gadget day-off dan bersosialisasi secara nyata, kamu bisa menyegarkan pikiran dan melepas stres yang melanda.

3. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik tidak hanya menyenangkan dan menghibur. Musik juga membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Apalagi ketika mendengarkan musik klasik yang pelan dan bernada menenangkan, denyut nadi serta detak jantung akan melambat, tekanan darah menurun, kadar hormon stres juga menurun. Singkatnya, musik dapat bertindak sebagai alat manajemen stres dalam hidup kita.

4. Bermeditasi
Sesibuk apapun kamu, ada baiknya meluangkan waktu untuk bermeditasi. Mengapa? Sebab selama meditasi, kamu perlu fokus, memusatkan perhatian, dan menghilangkan pikiran yang bercampur aduk. Diikuti dengan tarikan napas yang teratur, tubuh kamu seperti mengatur ulang semua hal dalam diri, termasuk pikiran yang berkecamuk. Melakukan meditasi secara rutin, dapat membuat kamu merasa lebih tenang.

Tetap menikmati hidup di hari ini dan bersentuhan dengan dunia nyata, kamu pun bisa memiliki hidup yang menyenangkan, bebas dari stres, bebas dari masalah mental health, sehingga wajah dan tubuhmu tentu akan tampak lebih awet muda.

https://www.huffpost.com/entry/millennial-health_n_862162 https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/masalah-kesehatan-anak-milenial/
https://psychcentral.com/lib/the-power-of-music-to-reduce-stress/
https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/meditation/in-depth/meditation/art-20045858

Kemajuan penelitian dan teknologi telah banyak memberikan penemuan baru. Berkat hal tersebut, kualitas kehidupan manusia pun menjadi meningkat.

Kamu menjaga asupan gizi dan rajin minum susu segar? Selamat! Artinya kamu menjalankan istilah “4 sehat 5 sempurna” yang pastinya sering banget kamu dengar dari kecil.

Meskipun dipercaya sebagai pelengkap asupan gizi harian karena kandungan nutrisi dan mineral dan vitamin yang dimilikinya, ternyata ada sebagian orang yang tidak bisa mengonsumsi susu, lho.