Kin Dairy
/06 December 2018

18 Asupan untuk Tubuh Selalu Awet Muda

Kin Dairy
Memiliki tubuh sehat dan awet muda, tentunya itu dambaan banyak orang, termasuk kamu, ya. Tapi, bagaimana cara untuk mewujudkannya? Jawabannya tentu balik lagi ke gaya hidup kita sehari-hari.

Nah, balik lagi ke kamu. Apakah kamu termasuk orang yang konsisten menjalani gaya hidup sehat? Kalau jawabannya iya, Selamaaat..! Itu artinya, kamu sudah sangat dekat dengan predikat awet muda. Agar tubuhmu benar-benar awet muda, yuk mulai sisipkan 25 asupan ini dalam menu harian:

1. Tiram

Kamu tahu enggak sih kalau kekuatan dan massa otot akan mengalami penurunan ketika usiamu menginjak kepala tiga, dan akan terus berkurang seiring bertambahnya usia? Supaya massa otot tetap oke, yang utama harus kamu lakukan adalah aktif melakukan kegiatan fisik, alias rajin bergerak. Kedua, mulai konsumsi makanan yang bisa membantu menjaga massa otot, seperti tiram, yang kaya akan mineral seng.



2. Teh hijau

 Para peneliti dari Norwich BioScience Institutes menemukan bahwa teh hijau mengandung polifenol. Yakni kelompok zat kimia yang memiliki sifat antioksidan dan mampu memblokir sesuatu yang disebut VEGF, molekul pemberi sinyal di dalam tubuh yang memicu penumpukan plak di arteri dan salah satu penyebab serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, peneliti percaya bila rutin konsumsi teh hijau bisa melawan peradangan dalam tubuh dan meningkatkan elastisitas kulit serta mencegah munculnya kerutan, sehingga tubuh awet muda, baik di dalam maupun luar.

3. Anggur

Memiliki variasi warna kulit merah dan ungu, anggur kaya akan anthocyanin, yakni golongan senyawa yang mengandung sifat antioksidan. Bagi tubuh, senyawa ini bisa mencegah terjadinya peradangan sendi, juga membantu meningkatkan kolagen di retina mata. Atau dalam arti lain, bisa melindungi mata terhadap penurunan ketajaman penglihatan akibat penambahan usia.

4. Jeruk bali

 Kira-kira, satu dari lima orang yang berusia di atas 65 tahun pernah terjatuh dan mengalami cedera serius, seperti patah tulang. Menurut lembaga Centers for Disease Control and Prevention, Amerika Serikat, kondisi itu terjadi karena berkurangnya massa otot dan kekuatan tulang, sehingga mengakibatkan osteoporosis. "Konsumsi jus jeruk bali bisa membantu menjaga kepadatan tulang dan memperlambat laju keropos tulang," kata peneliti Texas A & M University.



5. Jamur shiitake

Satu indikator penambahan usia adalah kemunculan uban. Tapi ada juga loh mereka yang masih berusia muda namun sudah memiliki beberapa helaian uban. Kalau itu terjadi sama kamu, pasti menyebalkan ya...

Menurut penelitian, kemunculan uban yang lebih awal terjadi karena tubuh kekurangan asupan tembaga. Padahal mineral ini diperlukan untuk menghasilkan pigmen pada kulit dan rambut. Nah, untuk mengembalikan kehitaman rambut, konsumsi jamur shiitake adalah jawabannya.

6. Keju cheddar

Buat kamu, si pecinta keju, bisa loh tetap memiliki gigi putih bersih hingga usia lanjut nanti. Penelitian menunjukkan bila penambahan usia bisa mengurangi kilau gigi, akan tetapi konsumsi keju ternyata bisa membantu menjaga keseimbangan pH atau kadar keasaman dalam mulut. "Dengan begitu, kecenderungan gigi menguning bisa ditangkis," tulis penelitian dalam jurnal General Dentistry.

7. Sarden

Satu sumber kalsium yang bisa bantu menjaga kekuatan tulang dan cegah osteoporosis adalah ikan sarden. Bukan hanya dagingnya saja yang perlu kamu makan, tapi juga tulangnya! Sebab kalsium memang bertempat dalam tulang.


Sumber: faradilaputri.com




8. Yogurt

 Berbagai budaya mengklaim memiliki yogurt kreasi mereka sendiri. Meski begitu, susu murni yang difermentasi dengan bakteri baik ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, misalnya membantu meningkatkan sistem kekebalan dan melindungi tubuh dari kemunculan kanker.


Bulgarian Yogurt merupakan hasil fermentasi bakteri baik Lactobacillus bulgaricus, asli dari Bulgaria. Penduduk Bulgaria sendiri banyak yang berumur panjang dan awet muda, karena rajin konsumsi Bulgarian yogurt setiap hari.

Di Indonesia, kamu bisa minum Bulgarian yogurt dari KIN Bulgarian Yogurt. Dengan empat varian rasa yang enak: Original, Strawberry, Orange, dan Blueberry. Jadi, sudahkan kamu minum KIN Bulgarian Yogurt hari ini?

9. Teh rooibos

 Mungkin belum banyak orang yang mengenal teh rooibos. Padahal menurut para peneliti, teh rooibos bisa membantu kita mengurangi hormon stres dan menghalau tanda-tanda penuaan pada wajah, yang diakibatkan stres. Selain itu, teh rooibos merupakan sumber polifenol yang membantu melindungi kulit dari penuaan dini. Tertarik mencoba?




10. Kenari

Kacang kenari mengandung antioksidan dan asam lemak omega-3 yang secara signifikan dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Supaya memiliki jantung sehat, kamu disarankan konsumsi segenggam kacang kenari, setiap hari.

11. Ubi jalar

Umumnya, penambahan usia membuat kulit tampak kusam. Daripada melakukan perawatan yang menguras kantong, kamu bisa mulai rutin konsumsi ubi jalar. Sebab menurut Journal Evolution dan Human Behaviourstudy, ubi jalar yang warnanya oranye memiliki senyawa karotenoid yang menjaga kulit tetap bercahaya.

12. Kale

Awet muda tentu saja bukan hanya tampilan luar tapi juga dari dalam, termasuk fungsi kognitif kita. Apalagi semakin bertambahnya usia, ada kecenderungan fungsi kognitif akan mengalami penurunan. Agar itu tak terjadi, kamu harus mulai rajin makan sayur-sayuran hijau, seperti kale.

Kenapa? Sebab sayuran hijau tinggi akan vitamin K. Dan berdasarkan penelitian, seseorang yang konsumsi 1-2 porsi sayur hijau setiap hari memiliki kemampuan kognitif 11 tahun lebih muda daripada mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Jadi, jangan anti makan sayur, ya...




13. Gandum utuh

Tidak hanya sebagai pengganti makanan pokok, olahan gandum utuh juga bisa menjaga kesehatan kulit kamu, loh. Sebab ketika kamu konsumsi karbohidrat utuh, seperti nasi putih, tubuh akan mengubah gula menjadi glukosa, nutrisi yang merusak kolagen kulit. Sementara gandum utuh tidak memberikan efek serupa.

14. Tomat

Apakah kamu pernah dengar istilah melanoma? Singkat kata, melanoma merupakan jenis penyakit kanker kulit, yang biasanya terjadi karena paparan sinar UV matahari.

Penting untuk mulai menyisipkan tomat dalam menu makanan, terutama jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan atau hobi plesir ke pantai. Sebab berdasarkan studi di British Journal of Dermatology, konsumsi tomat setiap hari mampu melindungi kulit dari sengatan matahari, meningkatkan kadar kolagen, dan membantu tubuh melawan oksidasi yang membuat sel-sel kulit menua.




15. Air Detoks

Mata seperti panda, ditambah kulit kering karena dehidrasi, bikin wajah jadi terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Tentunya, kamu tidak mau itu terjadi, bukan?

Untuk menghindarinya, kamu perlu menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Kamu juga bisa mulai mengonsumsi air detoks, yakni air putih yang diberikan beberapa irisan buah, seperti jeruk, dan simpan dalam suhu dingin. Tidak hanya segar, kulit buah yang mengandung senyawa anti-inflamasi bisa membantu ginjal membuang racun dari dalam tubuh.

16. Ikan salmon

Seperti tuna, makarel, dan sarden, ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang membantu melindungi tubuh dari penyakit jantung. Tak hanya itu. Konsumsi ikan salmon setiap minggu juga untuk membantu menjaga kita dari penyakit Alzheimer, nyeri sendi, dan rasa ngilu di tulang rawan.




17. Apel

Tak hanya manis, segar, dan cukup mengenyangkan, apel juga bisa membantu menjaga kesehatan usus besar dan mengontrol kadar gula darah. Jadi makan apel tidak hanya bantu kamu diet saja, bukan?

18. Tart Cherries

Apakah kamu mulai merasa naik-turun tangga tak lagi semudah dulu? Atau kamu sering merasa sakit punggung? Kalau jawabannya iya, bisa jadi tubuhmu mengalami peradangan, yang disebabkan obesitas. Untuk meredakan sakit dan nyeri, kamu bisa mulai memilih camilan berupa buah tart cherries, yang mengandung anthocyanin guna memblokir enzim penyebab peradangan.

Itulah asupan yang bisa kamu sisipkan dalam menu harian. Dengan pola makan sehat, tentu kamu bisa tetap awet muda, ya.... :)

KIN Bulgarian Yogurt

Sudah tau kan manfaat KIN Bulgarian Yogurt?

Yuk cobain sekarang mumpung FREE ONGKIR!*
*Syarat dan ketentuan berlaku

Kamu tentu tidak asing lagi dengan yogurt. Tapi bisa jadi, kamu tidak rutin mengonsumsinya, ya?

Semua orang tahu kalau olahrga baik bagi kesehatan tubuh. Saat kesehatan terjaga, tubuh pun akan tetap fresh dan awet muda.

Sebagai orang yang aktif, tentu kamu memiliki selusin kegiatan sehari-hari.